Kamis, 04 November 2010

Proses Sintesis Protein

Transkripsi
  
Proses pemindahan informasi genetik dari DNA ke RNA. Pencetakan m-RNA oleh DNA template/ rantai sense DNA terjadi di dalam nucleus.
Transkripsi meliputi 3 tahapan, yaitu:
·         Inisiasi: daerah DNA dimana RNA polymerase melekat dan mengawali transkripsi disebut sebagai promoter. Suatu promoter menentukan dimana transkripsi dimulai, juga menentukan yang mana dari kedua untai heliks DNA yang digunakan sebagai cetakan.
·         Elongasi: Saat RNA bergerak disepanjang DNA, RNA membuka pilinan heliks ganda DNA, sehingga terbentuklah molekul RNA yang akan lepas dari cetakan DNA-nya.
·         Terminasi: transkripsi berlangsung sampai RNA polymerase mentranskripsi urutan DNA yang disebut terminator. Terminator yang ditranskripsi merupakan suatu urutan RNA yang berfungsi sebagai sinyal terminasi yang sesungguhnya. Pada sel prokarioti, transkripsi biasanya berhenti tepat pada akhir sinyal terminasi; yaitu polymerase mencapai titik terminasi sambil melepas RNA dan DNA. Sebaliknya pada sel eukariotik polymerase terus melewati sinyal terminasi, suatu urutan AAUAAA di dalam m-RNA. Pada titik yang lebih jauh kira-kira 10 hingga 35 nukleotida, m-RNA ini dipotong hingga terlepas dari enzim tersebut.





 Translasi

Proses pemindahan informasi genetik dari RNA ke protein. Proses penerjemahan kode genetika yang dibawa oleh m-RNA di dalam ribosom, oleh t-RNA dengan jenis asam amino pada sitoplasma yang sesuai dengan kode triplet pada m-RNA, sehingga terbentuk rantai polipeptida (protein). m-RNA / RNAd yang sudah terbentuk keluar dari anak inti sel menuju r-RNA. Disana m-RNA masuk ke r-RNA / RNAr diikuti oleh t-RNA / RNAt. Ketika antikodon pada tRNA cocok dengan kodon m-RNA kemudian rantai bergeser ke tengah. Kodon m-RNA berikutnya dicocokkan dengan t-RNA kemudian asam amino yang pertama berikatan dengan asam amino kedua. t-RNA pertama keluar dari r-RNA. Proses ini berlangsung hingga kodon stop, ribosom subunit besar dan kecil terpisah, m-RNA dan t-RNA keluar dari ribosom. Kodon stop : UAA,UAG, UGA.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar